Lebih Dekat Dengan Kain Spunbond Non Woven. Apa itu Kain Spunbond?

        Kain spunbond adalah bahan kain yang biasa digunakan untuk menggantikan plastik dan kertas yang sering digunakan untuk shooping bag, goodie bag dan souvenir. Bahkan bahan spunbond merupakan bahan yang higienis, nyatanya bahan ini  digunakan dalam dunia kesehatan, yaitu untuk pembuatan masker, tutup kepala dan pampers disposable. Pemilihan kain ini didasarkan pada sifatnya yang ramah lingkungan karena bahan ini bisa untuk di daur ulang. Bahkan penggunakan bahan ini sebagai shooping bag sudah sangat popular dikarenakan penggunaan plastik sudah mulai dibatasi.

Kain Spunbond dibuat dengan cara mekanik, termal atau proses kimia. spunbond atau istilah lainnya polypropylene merupakain kain non woven yang pada umumnya memliki tekstur sedikit kaku, halus dan berserat rapat, sehingga cukup kuat. Kain ini mempunyai ketebalan beragam dari 25 gr hingga 100 gr. Semakin besar ketebalan yang ada, maka kain ini semakin tebal dan kuat.



Macam Kain Spunbond

Kain spunbond mempunyai beberapa jenis dilihat dari ketebalannya.

- Kain spunbond 25 gr – 50 gr
Kain spunbond dengan ketebalan antara 25 gr – 50 gr merupakan jenis bahan spunbond yang paling tipis. Kain ini biasan digunakan untuk pembungkus produk atau barang-barang wanita setelah menggunakan packaging. Misalnya tas, dompet, sepatu, dan produk lainnya. Harga yang ditawarkan juga paling murah diantara kain spunbond dengan ketebalan diatasnya.

- Kain spunbond 55 gr - 75 gr
Kain spunbond dengan ketebalan antara 55 gr – 75 gr merupakan jenis kain spunbond yang banyak kita jumpai. Pada ketebalan ini, kain spunbond banyak digunakan untuk pembuatan goodie bag. Tekstur yang dimilikinya serta ketebalannya membuat lebih mudah untuk dijahit dan dikombinasikan dengan jenis kain lainnya.

- Kain spunbond 100 gr
Dari kedua jenis sebelumnya, kain spunbond dengan ketebalan 100 gr merupakan jenis kain spunbond yang paling tebal. Dengan tekstur dan bahan yang tebal dan kuat mampu dijadikan tas untuk membawa barang-barang yang berat. Dilihat dari segi harga, kain spunbond 100 gr mempunyai harga yang paling mahal dibandingkan jenis spunbond yang lainnya.

Kelebihan Menggunakan Kain Spunbond

Kain spunbond mempunyai banyak kelebihan yang bisa didapat daripada menggunakan bahan plastic atau kertas ketiga digunakan sebagai bahan pembungkus.  Bahkan tas spunbond dikenal sebagai tas yang ramah akan lingkungan atau GO GREEN. Berikut merupakan kelebihan tas yang menggunakan bahan spunbond.

1. Lebih tahan lama disbanding plastic atau kertas.
2. Dapat digunakan berkali-kali.
3. Aman dipakai dan ramah lingkungan.
4. Mempunyai beragam ketebalan dan warna.
5. Bisa dibentuk dengan model yang beragam.
6. Tidak mengandung bahan kimia sehingga cocok untuk goodie bag.
7. Harga bahan spunbond yang eknomis.

Meskipun tergolong dalam kain murah, bahan spunbond banyak diburu saat ini. Dengan kesan bahan yang tidak terlihat sederhana namun juga tidak terkesan mewah. Namun jika pandai dalam memadu madankan dengan jenis bahan lain, kesan mewah pada pembuatan tas menggunakan kain ini akan tercipta. Dan jangan lupa untuk memberi sentuhan sablon berupa gambar atau tulisan. Jadi, mau hemat untuk membuat atau memproduksi tas, bahan spunbond adalah pilihannya.

Untuk Navigasi Lengkap Silahkan Kunjungi Peta Situs



Baca Juga:

Langganan Via Email
Copyright © | by: Me